Sabtu, 12 Januari 2013

CVT Berisik

Ganti Plastik Slider CVT Aus, Usir Bunyi Berisik!

slider longgar bikin plat longgar


Timbul suara berisik di rumah CVT, bukan cuma karena roller peang. Bukan pula lubang dudukan roller di puli primer terkikis. Meski keduanya sudah diganti, jika plastik slider sudah oblak, hasilnya percuma.

“Bukan cuma timbul suara berisik. Jika kondisi ini terus didiamkan, menyebabkan getaran serta gerakan pelat tutup roller tidak stabil lagi,” terang Robby Krisbianto alias Bontot, mekanik Bontot Motor Sport.

Makanya biar tidak bolak-balik ke bengkel, saat servis rutin atau ganti komponen di seputar puli primer ada baiknya sambil cek kondisinya. Misal di puli primer Yamaha Mio, kalau sudah longgar ketika ditempatkan di celah lubang pelat landasan roller, segera lakukan penggantian.

Lanjut Bontot, untuk dapatkan piranti ini di toko onderdil atau di bengkel resmi juga tidak sulit. Lantaran plastik slider juga dijual per item tak lebih dari Rp 10.000. Cuma terkadang pemilik skubek malas ganti lantaran komponen ini dianggap tidak mempengaruhi kerja puli dan komponen lain. Makanya peranti di puli sering cepat rusak.

Namun harus hati-hati. Kalau mau lebih awet gunakan yang orisinal. Karena barang imitasinya gampang pecah dan rusak. Walaupun yang racing jarang yang kuat.

“Ganti plastik slider juga sangat mudah. Misalkan di puli primer Yamaha Mio yang berjumlah 3 buah, tinggal pasang saja ketiga piranti itu ke lubang celah di pelat landasan roller. Dan sebelum digabungkan, pastikan plastic slider tidak banyak goyang,” wanti pria yang buka bengkel di Jl. Amal, No. 37, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Cuma pada saat melakukan pengganti, seperti biasa rumah CVT mesti dibuka agar komponen di puli primer dapat dengan mudah dicopot. Oke kan. (motorplus-online.com)  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar