|
OTOMOTIFNET - Mau tarikan mesin skutik maknyus tanpa turun mesin atau
bore-up? Gampang! Salah satunya bisa siasati dari system transmisi di blok CVT
seperti roller dan kampas ganda. Namun, sebenarnya ada satu bagian lagi yang
bisa bikin tarikan jadi tambah ngacir, yakni per CVT.
“Akselerasi
jadi lebih responsif, berasa nyundul.” Ujar Rachmat Hidayat dari Al-Yamin Speed
Shop di Jl. Kerja Bakti No.2, Kp. Makasar,
Halim, Jaktim.
Bisa begitu lantaran prinsip kerja per CVT ini juga berguna membantu mechanisme pada CVT itu sendiri. Tepatnya member dorongan puli primer pada saat terjadi gaya sentrifugal. Nah dengan begitu, gerak puli jadi lebih cepat dan responsif.
Memang banyak pilihan per, dari yang ukuran 1.000 – 2.000 rpm. Masing-masing beda racikan. Maksudnya, ukuran diameter dan kekerasan per memiliki ukuran yang berbeda sesuai kebutuhan spesifikasi mesin.
Buat mesin yang masih dalam kondisi standar, mengganti per CVT racing dianjurkan memakai ukuran 1.000 atau 1.500 rpm saja.“Kalau lebih, malah bisa bikin tarikan jadi berat dan ngempos,” jelas pria ramah ini.
Di pasaran ada merek KTC, CLD dan banyak lagi! Selain itu, harganya pun bervariatif. Ada yang buatan local dan impor dari Thailand. “Harga berkisar dari 75-100 ribuan. Semua tergantung dari kekenyalana tau diameter kawat yang dipakai,” ujar Komeng mekanik sekaligus empunya bengkel Clinic Motor di daerah Jl. Squadron No.14, Kp. Makasar, Jaktim.
Umumnya bahan dasar part ini dari medium carbon steel yang diproses menggunakan metode hot wire. Nah biarlebih detail, simak kehebatan masing-masing merek berikut!
Kitaco |
CLD |
Kitaco
Menyediakan dari ukuran 1.000-2.000 rpm.Soal harga, produk yang tersedia buat skutik jebolan Honda, Suzuki dan Yamaha ini dibanderol Rp 75 ribuan. Tapi perlu di ingat! Punya Suzuki dan Honda lebih panjang disbanding punya Yamaha. Jadi jangan sampai salah beliya!
CLD
Punya tiga warna dan ukuran. Dari merah, putih dan kuning.Warna merah dengan spek 2.000 rpm, sangat berguna buat motor yang sudah dibore-up. Untuk yang berwarna kuning, memilikki spek 1.500 rpm dan putih 1.000 rpm. Semua itu dihargai Rp 55 ribu saja.
Kawahara
Product yang di klaim buatan Thailand ini berbanderol Rp 75 ribuan. Masalah ukuran, gak jauh beda dengan kompetitornya yang memiliki beberapa tingkat ukuran.
RRGS
Harga murah, tapi bukan berarti murahan lo! Harganya hanya Rp 50 ribu. Masalah kualitas, gak kalah bersaing dengan label-label papan atas yang kerap dipakai buat ajang dragbike dan road race skutik.
Menyediakan dari ukuran 1.000-2.000 rpm.Soal harga, produk yang tersedia buat skutik jebolan Honda, Suzuki dan Yamaha ini dibanderol Rp 75 ribuan. Tapi perlu di ingat! Punya Suzuki dan Honda lebih panjang disbanding punya Yamaha. Jadi jangan sampai salah beliya!
CLD
Punya tiga warna dan ukuran. Dari merah, putih dan kuning.Warna merah dengan spek 2.000 rpm, sangat berguna buat motor yang sudah dibore-up. Untuk yang berwarna kuning, memilikki spek 1.500 rpm dan putih 1.000 rpm. Semua itu dihargai Rp 55 ribu saja.
Kawahara
Product yang di klaim buatan Thailand ini berbanderol Rp 75 ribuan. Masalah ukuran, gak jauh beda dengan kompetitornya yang memiliki beberapa tingkat ukuran.
RRGS
Harga murah, tapi bukan berarti murahan lo! Harganya hanya Rp 50 ribu. Masalah kualitas, gak kalah bersaing dengan label-label papan atas yang kerap dipakai buat ajang dragbike dan road race skutik.
TDR
Part buatan Thailand ini punya beragam ukuran tingkat kekerasan. Warna kuning berukuran 1.500 rpm, merah 2.000 rpm dan hitam ukuran 1.000 rpm. Walau beda ukuran, semuanya dipatok harga yang sama yakni Rp 50 ribu. Minat? Nah sayangnya, untuk saat ini pihak TDR hanya menyediakan per CVT buat skutik Yamaha yakni Mio Sporty dan Mio Soul.
DaftarHarga
|
|
KTC
|
75 ribu
|
Kawahara
|
75 ribu
|
CLD
|
55 ribu
|
TDR
|
50 ribu
|
RRGS
|
50 ribu
|
Hargasewaktu-waktubisaberubahtanpapemberitahuanlebihdahulu.
|
|
Sumber
|
|
Polaris:
021-6248852 / 6592128
|
|
F-16:
021-73446678
|
|
Al-Yamin:
021-93862330 / 0819-32653838
|
|
New Gaya
Motor: 021-8510717
|
Tapi menurut ane kalo motor masih standar, ga perlu di ganti per CVT ny, terutama mio. Pengalaman saya ganti per cvt mio wktu itu pakai per Kawahara yg 1500rpm tarikan bawah jadi berat banget, ditambah per kopling gandanya jg diganti 1500 juga, ya makin berat ajah tuh motor, wktu di gas kaya ngempos gitu, udah gitu bunyinya jg ga enak berisik, klo udah di atas 40km udah terasa enak, memang sih napas ny jadi panjang, tpi klo dijalanan yg sering stop-and-go dan macet, blom kalo jlanan ny bnyak polisi tidur ny, kerasa kan kaya gimana berat ny di tarikan bawah? (0-40km)
mnding pke per CVT YG asli, lagi juga per CVT MIO yg asli bahan ny lebih lunak dan bagus. makanya kuat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar